Selamat Hari Raya Pagerwesi

Monday, November 12, 2007      2 comments

Seperti artikel yang di bahas di situsnya dexno dan om coco mengenai Hari Raya Saraswati, kali ini saya akan membahas mengenai Hari Raya Pagerwesi. Dimana rainan ( hari raya ) ini sama besarnya dengan Hari Raya Galungan dan Kuningan. Hari Raya Pagerwesi dilaksanakan pada hari Rabu atau istilah balinya Budha Kliwon Wuku Shinta yang dilaksanakan 210 hari sekali.

Mengenai arti kata pagerwesi, yang berasal dari kata "pagar" dan "besi". Segala sesuatu yang dipagari adalah sesuatu yang bernilai tinggi agar jangan diganggu dan dirusak. Makna Hari Raya Pagerwesi itu sendiri bagi umat hindu sering diartikan magehang awak atau hari untuk memagari diri.

Sang Hyang Pramesti Guru adalah tuhan yang dipuja pada hari raya ini. Yang merupakan manisfestasi Dewa Siwa yang dalam hal ini beliau menjadi gurunya alam semesta terutama manusia. Hidup tanpa guru sama dengan hidup tanpa penuntun, sehingga tanpa arah dan segala tindakan jadi ngawur.

"Budha Kliwon Shinta Ngaran Pagerwesi payogan Sang Hyang Pramesti Guru kairing ring watek Dewata Nawa Sanga ngawerdhiaken sarwa tumitah sarwatumuwuh ring bhuana kabeh"


Yang mana mempunyai arti bahwa : Rabu Kliwon Shinta disebut Pagerwesi sebagai pemujaan Sang Hyang Pramesti Guru yang diiringi oleh Dewata Nawa Sanga (sembilan dewa) untuk mengembangkan segala yang lahir dan segala yang tumbuh di seluruh dunia.

Dengan Hari Raya ini marilah kita pagari diri kita dari hal - hal yang negatif. Tetap mengendalikan diri mengekang hawa nafsu. Keselamatan yang kita inginkan haruslah bertahap dan berencana. Tidak bisa suatu kebaikan itu diwujudkan dengan cara yang ambisius.

!!!Selamat Hari Raya Pagerwesi!!!



AddThis Social Bookmark Button

2 comments:

 
template by : uniQue  |    modified by : Brokethesoul